Cari Blog Ini

Entri yang Diunggulkan

Window lighting fotografi

Window lighting fotografi Window lighting fotografi adalah teknik memotret dengan memanfaatkan cahaya yang berasal dari jendela. Cahaya alam...

Senin, 04 April 2022

Laporan PKL Multimedia SMK Al Huda Kedungwungu 2021/2022

Laporan PKL Multimedia SMK Al Huda Kedungwungu 2021/2022

Isi juga Google Form ini : quisioner PKL Multimedia 2021/2022

Dikerjakan di format yang saya lampirkan dan bisa didownload di sini : contoh dan format laporan kisah PKL    atau disini : https://bit.ly/lapuranpkl 

Minimal jadi 2 halaman maksimal jadi 3 halaman.

Untuk contoh laporan PKL Multimedia tahun 2021/2022 yang berbentuk kisah cerita ketentuannya sebagai berikut  :

1. Judul rata tengah. Berisikan hal yang paling menonjol/yang paling menarik dari kisah kamu.

2. dibawahnya nama kalian rata tengah

3. paragraf pertama berisi biodata singkat kamu. 

berikut tempat PKL dan alasan kamu memilih tempat PKL tersebut. Ingat jangan sama dengan yang lain ya, gunakan versi sendiri-sendiri.

4. Paragraf ke dua berisikan cerita kamu mau berangkat ke tempat PKL. Bisa bekalnya apa saja dan dari siapa aja, ada kejadian khusus misalkan kebingungan bawa apa saja atau ada dukungan atau penolokan dari orang tertentu misalkan. Atau ada pengunduran  atau pemajuan jadwal misalkan apa akibatnya dari kejadian itu. Sampai menjelang pemberangkatan.

5. Paragraf ke 3 berisikan pejalanan anda menuju tempat PKL. Mialkan ada kehujakan, mabok kendaraan, saling tunggu, nyasar diperjalanan, sampai ke tempat PKL dan ke tempat kosan atau mes.

6. Paragraf 4 berisikan awal masuk kerja di perusahaan. Ceritakan apa kerjaan pertama kalian, bagaimana awal kalian di tempat kerja, masuk difisi apa, karyawan pertama yang dikenal, kesan pertama sama keryawan, kesan pertama di mes atau kosan, ada kejadian khusus boleh diceritakan. Misal benci sama keryawan yang usil, jail, caper, galak, dan lain-lain.

7. paragraf 5 berisikan penyesuaian kalian dengan kosan, lingkungan kos, lingkungan kerja, atasan, kartayan. Apa yang kalian lakukan untuk bisa menyesuaikan dengan lingkungan di kosan, lingkungan di tempat kerja dan lingkungan dengan karyawan dan atasan.

8. Paragraf ke 6 berisikan kejadian-kejadian yang membuat kamu hampir pulang atau kejadian yang membuat ada konflik dengan diri sendiri atau konflik dengan teman, atau konflik dengan karyawan atau atasan, atau konflik dengan keluarga. Ceritakan se jelas mungkin tanpa ada yang ditutup tutupi. Kalau tidak mau menyebutkan nama tinggal sebutkan teman atau salah satu karyawan dan lain-lain.

9. Paragraf ke 7 berisikan solusi dari konflik yang terjadi. Apakah bertahan apakah pindah PKL. Apa yang dilakukan untuk mengatasi konflik tersebut.

10. Paragraf ke 8 berisikan apa saja  yang didapatkan ketika selesai dari tempat PKL baik itu berupa ilmu, pengalaman, maupun berupa materi kalau yang mendapatkan uang saku, atau yang berupa bentuk lain seperti diajak jalan-jalan atau yang lainnya.

11. Paragrah ke 9 berisikan kesimpulan dari PKL menurut kalian masing-masing. Apa saja yang harus persiapkan ketika PKL, apa saja yang harus dikerjakan ketika PKL, apa saja yang jangan atau dihindari ketika PKL. Ditutup dengan saran dan kata mutiara dari kalain.

12. Lengkapi biadata kalian berupa narasi. Lengkap dengan foto terbaik kalian sendirian.

silahkan perhatikan contoh ini dan bisa dikembangkan menurut kalian masing-masing: 

Motivasi Guru Membuat Saya Bertahan

M. Tarhaji

 

Saya M. Tarhaji Kelas XI.6 Multimedia tempat prakerin saya di PT. Citpa mitra Green yang beralamatkan di Jl. Kepu Selatan No.65 A RT.8/RW.10 Kemayoran Jakarta Pusat 10620. Alasan saya memilih perusahaan tersebut, pertama ingin mencari pengalaman baru. Kedua, ingin mandiri. Karena saya selama di kampung manja sama keluarga, terutama orang tua. Ketiga, ingin mencari teman baru disana.

Persiapan proses menuju tempat tersebut yaitu yang pertama mental. Saya harus siap menghadapi apapun yang bakal terjadi disana. Kedua, bekal. Karena kita hidup di daerah orang beda sama di daerah kita, kenapa? karena kita belum tau karakter orang-orang di sekeliling kita. Jadi bagaimana caranya? Ya kita jaga etika, sopan dan santun jangan berlaga sok begajulan. Kedua bekal. Bekal pertama adalah pakaian, lalu uang. Kita akan hidup di daerah orang ngga geratis serba uang. Kita juga harus bisa memanfaatkan uang contoh uang Rp. 50.000 bisa buat apa, untuk beberapa hari.

Awal masuk jujur saya senang bisa menjadi kluarga PT. Citpa mitra Green. Mayoritas pekerja karyawannya pekerja keras. Awalnya canggung sih karena belom kenal sama karyawan. Tapi ini mungkin saatnya saya berinteraksi sama beliau.

Bulan-bulan pertama di sana, jujur saya terasa berat  menjalankannya karena mungkin saya harus menyesuaikan diri di lingkungan. Harus mengenal perilaku satu sama lain kemudian antri sebelum mandi nyari makan sendiri hingga di tempat kerjaan. Ya mungkin ini baru satu bulan pertama tapi Alhamdulilah satu minggu saya disana sudah dapat keluarga baru, sampai-sampai saya menjadi orang yang sering di ajak-ajak pembingbing (karyawan).

Setelah bulan kedua saya merasa nyaman dan enjoy menjalaninya ya walaupun hampir game over disana karena ngga nyaman di divisi saya sampai saya pergi ke kerumah kaka ipar hanya karna divisi. Tapi pas ganti divisi ke finising banner yang mungkin lebih berat dari pada divisi sebelumnya saya malah lebih enjoy ya mungkin saya tipikal orang yang ngga bisa diam, aktif, suka nanya apa lagi pas lagi brifing sama pembimbing, manajemen samapai saya di juluki si tukang tanya, karena nanya mulu.

Saat pemulangan, jujur kalau pun ngga ada wabah virus covid-19 saya mungkin ngga bakalan pulang karena sudah  nyaman. Tapi pas ada virus tersebut tiba-tiba suasananya berbeda dari biasa-biasa aja jadi cemas, gelisah dan akhirnya di pulangkan gara-gara virus covid 19. Setelah pulang dari sana saya sekarang bersyukur udah belajar bagaimana capenya nyari uang, mandiri, jauh dari kluarga, tapi Insya Allah mungkin kalau kondisinya sudah membaik saya akan tetap menjalin silahturahmi sama kakak-kakak (karyawan) disana yang sudah mengajari saya tentang bagaimana bertahan hidup di daerah orang, disiplin dan ramah.

Saya hampir gagal menyelesaikan prakerin karena saya punya riwayat sering sesak nafas dadanya sakit. Sampai saya pernah menelfon kaprodi minta pulang. Tapi bersyukurnya saya di kasih motifasi sama beliau bahwa kamu itu laki-laki, bukan perempuan jadi jangan lemah dan manja. Laki-laki itu nanti bakalan jadi imam, tulang punggung keluarga jadi misalkan kamu nyerah sama saja kaya perempuan. Itu yang saya inget motifasi beliau dan begitupun pembingbing juga sama mengatakan jangan pulang kamu pasti kamu bisa kamu kuat kalau ada apa-apa bilang saya. Kamu disini masih punya saya dan Pa Rifan dan beliau pun berusaha menguatkan saya. Sampai akhirya saya berhasil, ya walaupun ujung-ujungnya minta pulang.

Kesimpulanya satu kita harus sabar menjalaninya. Karena sesuatu yang dilandasi sabar pasti bakalan berantakan. Kedua yakin karena kalau kita tidak yakin niscaya kita ngga bakalan maju jadi mulai saat ini kita tanamkan sikap sabar dan yakin karna itu kunci nya menjadi orang sukses. Ketiga belajar dari kesalahan karna dari kesalahan kita belajar bagaimana kita harus bekerja dan lain-lain. Keempat kuat karna sejatinya orang yang kuat adalah mereka yang senantiasa kuat menjalani segala-segalanya dari masalah maupun ngga ada masalah kita harus kuat. Kelima harus berfikir luas karna seseorang yang tidak berfikir luas maka akan sulit menjalankan apa saja, yang ada pasti ngeluh apa-apa ngeluh. Keenam sopan dan santun karena dengan sopan dan santun kita bisa di hargai orang lain. Orang lain mah tergantung sikap kitanya. Misalkan ngga ada sopan santunan inysa Allah ngga bakalan dihargai dimasyarakat, yang ada di kucilkan di masya rakat. Ketujuh jujur. Karna sikap jujur kita bisa menjadi orang kepercayaan karna walaupun sepele tapi manfaatnya banyak jadi intinya jangan kalian tanamkan kebohongan walau sekecil apapun karna walau sekecil biji kurma pun pasti akan merusak segalan.

Saya M. Tarhaji mohon maaf biasa ada kesalahan pata atau kata harap maklum. Sekian dan terimakasih.

 

Biodata singkat penulis

Nama saya …… . Biasa dipanggil ………. . Saya lahir di ….. pada tanggal .. bulan maret 2020. Saya anak ke …. dari …. bersaudara. Saya lahir dari sepasang orang tua, yaitu ibu ……… dan bapak ……….. . Hobi saya …………. . Saya punya cita-cita menjadi …………. . Target hidup saya adalah saya bisa membuat…. atau saya bisa mejadi ……… atau saya bisa memiliki ………. . Saya sekolah di SMK Al Huda masuk pada tahun ………. diterima di kelas …….. . Sekolah menengah saya di …….. masuk pada tahun …….. lulus tahun …… . Sekolah Dasar saya di ……… tahun 2000 lulus …… . Saya sekolah TK di …..  tahun ……. sampai tahun ……. Saya juga pernah sekolah paud di …….  pada tahun ……. sampai tahun ………...

 

M.Tarhaji, Indramayu, 21 April 2020

 


Sebagai bahan untuk persentasi siapkan produk dari tempat PKL berupa
1. spanduk, banner, x banner, T baner dll
2. Foto book kegiatan
3. Foto block
4. File video / Animasi
Bisa pilih salah satu tergantung dari tempat PKL masing masing bisa perorangan atau kelompok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar